Sunday 13 March 2016

S.O.P Kemenangan Umar bin Khattab

Di batas kota Madinah di suatu lembah berhamparan pasir dan kerikil. Kali itu cuaca sedang sangat terik, angin berhembus panas menyengat. Di bawah pohon yang tidak terlalu rindang, sesosok tubuh lelah dengan raut wajah gelisah terduduk.

Dialah Amirul mukminin, Umar bin Khatab. Ia sedang menunggu berita dari seberang. Berita pasukan muslimin yg sedang pergi berjihad membela agama.

Sorot matanya tajam memandang ujung hamparan padang pasir. Dari kejauhan terlihat sesosok bayangan mendekat, semakin dekat. Ternyata ia adalah utusan muslimin yang akan mengabarkan berita kemenangan pasukan yg diutus.

Tubuh utusan itu tampak lusuh, pakainnya tidak terurus penuh debu, akan tetapi pandangan matanya bersinar penuh aura kemenangan.

Utuusan itu berkata, " Wahai Amirul Mu'minin..bergembiralah atas kemenangan muslimin..bergembiralah atas kemenangan besar dari musuh kita .."

Umar bertanya , " Kapan dimulainya pertempuran itu??"

Sang utusan menjawab, " SEBELUM waktu dhuha.."

Umar bertanya lagi, " Lalu kapan kemenangan itu diraih??"

Utusan, " SEBELUM waktu maghrib, amirul mukminin.."

Mendengar jawaban itu Umar bin Khatab menangis. Air matanya deras membasahi janggutnya. Suasanapun berubah,..

Wajah sang utusan yang tadinya penuh bahagia, kini meredup. Suaranya melemah dan berkata," Lalu apa yg terjadi wahai amirul mukminin?? Kami bawakan kabar gembira kemenangan tetapi engkau malah menangis???"

Umar menjawab, " Kenapa kemenangan itu begitu LAMBAT ??? "
(padahal kemenangan itu cukup cepat, tetapi menurut Umar itu masih terhitung lambat..)

Umar berkata, "....tidaklah kemenangan al hak melawan kebathilan itu didapatkan SEBEGITU LAMBATNYA kecuali karena DOSA DOSA yang kalian lakukan, atau karena DOSA DOSA yg telah aku lakukan.."

Umar melanjutkan, " Kita adalah kaum yang Allah berikan kemenangan BUKAN KARENA banyaknya jumlah dan perlengkapan, serta canggihnya alat tempur..

Akan tetapi kita ini adalah kaum yang pastinya Allah berikan kemenangan karena SEDIKITNYA DOSA DOSA kita dan BANYAKNYA DOSA DOSA yang dilakulan oleh musuh...

Jika dosa dosa yg kita lakukan SAMA BERATNYA dengan dosa dosa yg dilakukan musuh, maka musuh akan MENGALAHKAN kita dengan banyaknya jumlah mereka dan canggihnya peralatan perang mereka."

Dan hari ini...
Tidak perlu ditanggapi, tentang alasan kita kalah hari ini!!!
Renungankan dan pahami,

‪#‎Galerisiroh‬
Ust Maman Surahman, M.Ag
Share: