Wednesday 16 March 2016

BAHAYA PEMAHAMAN PARSIAL TERHADAP ISLAM

Di antara bahaya-bahaya atas pemahaman seseorang yang parsial (tidak menyeluruh) terhadap agama Islam adalah sebagai berikut:

1. Pemahaman parsial terhadap Islam akan menyempitkan Islam pada sisi tertentu sehingga Islam seakan hanya agama ritual yang beku di pojok masjid. Sementara urusan sosial, ekonomi, politik dan negara dianggap tidak ada hubungannya dengan Islam.

2. Pemahaman parsial akan pojokkan sunnah Nabi hanya sekitar shalat, jenggot dan lain sebagainya. Sementara sunnah Nabi yang besar di mana Nabi tidak hanya memimpin shalat tetapi juga memimpin pasar, pasukan dan negara, itu tidak diutamakan. Akibatnya sibuk menyerang sesama muslim sekitar ritual dan tampilan saja.

3. Pemahaman parsial cendrung ekstrim. Sebab dianggap Islam sangat kecil urusanya. Dari sini muncul penyimpangan-penyimpangan dalam akidah, ibadah dan bahkan permusuhan. Sebab dari sikap ekstrim akan muncul fanatisme golongan. Akibatnya warisan ilmu Islam yang agung diabaikan begitu saja.

4. Pemahaman Islam parsial cendrung membuat definisi yang parsial. Seperti seorang buta mendefinisikan gajah. Satunya mengatakan gajah itu seperti kipas karena yang ia sentuh hanya telinganya. Satunya mengatakan gajah itu seperti tiang karena yang ia sentuh kakinya. Satunya mengatakan gajah itu seperti cemeti karena yang ia sentuh belalainya. Akhirnya saling menghakimi dan saling menyalahkan. Padahal semuanya salah.

5. Pemahaman Islam parsial tidak akan bedakan mana ushul mana furu'. Maka semua dianggap ushuul. Akibatnya yang furuiyah diserang habis. Dengan alasan tidak ada dalilnya. Dan pelaku furuiyah dianggap sesat. Padahal kaidah ushul fikih mengataka, "Laa inkaara fil mukhtalaf fiihi. Tidak boleh ada pengingkaran dalam maslaah khilafiyah."

6. Dari sini kita paham mengapa Allah berfirman, "Udkhuluu fissilmi kaafah. Masuklah Islam secara kseluruhan bukan sebagian-sebagian." Lalu berfirman, "Walaa tattabi'uu khuthwaatisy syaithan. Dan janganlah ikuti langkah-langkah syetan." Sebab setiap pemahaman  yang tidak kaffah akan  mudah dipermainkan syetan.

Semoga Allah berkahi umat ini. Ayo kita bersatu agar kita kuat!

Oleh Ustadz Dr. Amir Faishol Fath 
Share: